Thursday, June 18, 2015

Akhirnya bisa menulis blog lagi udah sekian lama udah tidak nulis dikarenakan kesibukan didunia nyata hehe. Kali ini saya akan membahas tentang jajanan tradisional klepon yang katanya kalo di internet sering dijumpai dipasar-pasar, tapi saya tidak pernah liat kalo dipasar ada jajanan klepon mungkin karena saya yang hampir tidak pernah menginjakan kaki saya ke pasar terdekat dirumah saya kali yah hehe.

 

Karena saya tidak berhasil menemukan jajanan tradisional klepon ini, saya mencoba membuatnya dan mengesharenya di blog saya dan berhasil saya buat. Tapi sebelum itu pasti pada tahu kan klepon itu apa. kalo yang saya tahu dari internet klepon itu makanan yang dapat dikelompokkan sebagai jajanan pasar, klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil yang di isi dengan gula merah lalu di rebus dengan air mendidih, klepon yang sudah masak lalu dibaluri dengan kelapa parut. Kue klepon ini juga sudah ada di film, terdapat di film salah satu Warkop hehe.


Tapi sayangnya saya juga belum tahu sejarah atau asal muasal kue klepon ini dari mana kalo nyari dari sekedar di internet ada yang bilang kue ini dari sumatra, ada yang dari kalimantan, ada juga yang bilang dari jawa. Tapi yang jelas pasti anda juga setuju kalo kue klepon ini sudah melekat menjadi jajanan pasar bagi negeri kita sendiri. Berikut resep membuat klepon yang saya bikin:

Bahan :

- 200 gram tepung ketan

- 100 gram tepung beras

- 5 lembar daun suji

- 5 lembar daun pandan

- gula merah secukupnya (sudah di iris-iris)

- garam secukupnya

- kelapa parut 1/4

- air mateng secukupnya


Langkah-langkahnya :

- blender daun suji dan daun pandan dengan dengan air

- peras hasil yang telah diblender seperti ini

- masukan tepung ketan, tepung beras, dan garam kedalam wadah / baskom aduk hingga rata

- masukan air hasil perasan kedalam wadah tadi perlahan-lahan sambil diulenin hingga kalis seperti ini

- rebus air hingga mendidih

- ambil beberapa adonan, masukan gula merah lalu bentuk bulat (tips biar saat menggit klepon biar gulanya nces keluar giling adonan menggunakan mesin penggiling atau dengan alat lain biar kulit adonannya tidak terlalu tebal)

- masukan bulatan adonan, masak hingga bulatan terapung dan matang lalu tiriskan

- siapkan kelapa yang ingin dikukus, jangan lupa di taburi garam sedikit lalu aduk rata dan kukus beberapa menit

- kelapa sudah dikukus lalu gilingkan bulatan ke kelapa kukus tersebut dan sajikan dipiring.

Baca Juga artikel-artikel lainnya Cilok Boga Rasa Di Tangerang Selatan. Artikel ini hanya sekedar mengeshare info tentang makanan yang enak menurut saya tidak ada maksud lain. Artikel ini dibuat berdasarkan dari pengalaman saya sendiri. Bagi anda yang mempunyai tempat makanan yang enak atau resep makanan bisa share di sini.

Categories: ,

1 comment:

  1. Harrah's Atlantic City - Mapyro
    Information and Reviews about 강릉 출장샵 Harrah's Atlantic City 동두천 출장마사지 in Atlantic City, including Realtime 안양 출장안마 Reviews, Photos, News 광주 출장마사지 and 안성 출장안마 Reviews. Rating: 4.1 · ‎61 reviews

    ReplyDelete